Monday 11 May 2015

HTTP Request dan HTTP Response

Assalamu'alaikum sahabat" yang budiman.
Kita bertemu kembali pada catatan mata kuliah Pemrograman Web 1, yang merupakan pertemuan ke-6 di kelas saya. Materi yang saya diskusikan bersama Mas Moko, Anggie, dan Kang Awan pada presentasi kelompok kami minggu lalu yaitu tentang HTTP Request dan HTTP Response.

HTTP adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol, yaitu protokol standar yang digunakan dalam web. 
HTTP terdiri atas 2 tipe :

1. HTTP Request

Protokol ini bertugas pada saat client meminta sesuatu pada server. Misalnya client meminta url www.facebook.com, kemudian protokol akan mengirim permintaan url dari client ke server, dengan cara dikonversi ke bentuk kode ataupun paket. Sehingga HTTP Request memiliki HTTP Request Header yang berisi informasi permintaan dari client. Informasi tersebut yaitu berisi method yang digunakan, browser yang digunakan client, OS, tipe file yang diminta, protokol yang dipakai, dan alamat yang diminta. Berikut adalah HTTP header dari HTTP Request,


Method yang biasa dipakai oleh http request ada 2, yaitu method get dan post. Perbedaan antara kedua method ini terletak pada pengiriman parameter. Jika pada method get parameter yang dikirimkan akan ditambahkan ke url tujuan, sehingga bisa terlihat parameter apa yang dikirm oleh client. Sedangkan method post parameternya dipisahkan dari url, dan pengirimannya tersendiri. Sehingga isi dari parameter yang dikirm oleh client tidak terlihat. Karena itu method post lebih aman dibanding method get.

2. HTTP Respon
HTTP Respond bertugas menerima dan memproses apa yang diminta oleh HTTP Request. Cara peresponannya dilakukan dengan cara menampilkan apa yang diminta oleh client. 
Sama halnya dengan HTTPrequest , response juga memiliki HTTPRespon header , dengan bentuk seperti berikut,


Pada status line terdapat tulisan '200' dan 'OK', 
'200' adalah kode dari status responnya, sedangkan 'OK' menunjukkan bahwa status responnya berhasil.

Kode-kode pada respon header :
1XX : information status
2XX : success status
3XX : redirecting status
4XX : error status pada client
5XX : error status pada server

Jadi, misalkan web yang dikunjungi terdapat kode 404 berarti telah terjadi error pada client, kemungkinan client salah mengetikkan url yang dituju.

Nah, itulah catatan saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman..
wassalamu'alaikum, see u..

No comments:

Post a Comment